BERITASWARAKAMPAR - Mengingat semakin meluasnya penyebaran virus corona hingga pemerintah provinsi DKI Jakarta memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak 10-23 April 2020 atau selama 14 hari, mendapat perhatian serius dari Badan Penghubung Provinsi Riau di Jakarta.
Selain memberikan bantuan sembako kepada mahasiswa beberapa waktu lalu, perwakilan pemerintah provinsi Riau di ibukota itu juga menyiapkan Mess Pemda Riau dan Asrama mahasiswa Riau sebagai tempat sementara khususnya bagi warga Riau di Jakarta yang terkena dampak akibat virus corona tersebut, terutama bagi yang tidak memiliki rumah atau kontrakan yang layak di tempati.
"Selama wabah Covid-19 atau selama masa berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta, maka Mess Pemprov Riau di daerah Slipi, Jakarta Barat dan Asrama Mahasiswa Riau di wilayah Lenteng Agung, Jakarta Selatan akan dijadikan tempat tinggal bagi warga asal Riau yang mungkin tidak punya rumah/kontrakan yang layak untuk ditinggali," ujar Kepala Badan Penghubung Riau Erisman Yahya, Minggu (12/4/2020).
Terkait rencana itu sebut Erisman, ia sudah mengkordinasikan dengan Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Yan Prana Jaya agar bisa dijadikan sebagai tempat bagi warga Riau di Jakarta yang sangat membutuhkan tempat penginapan yang layak.
"Terkait masalah ini, kami sudah melapor kepada Sekdaprov Riau (Yan Prana Jaya), dan alhamdulillah diizinkan," ungkap Erisman yang juga Kepala Satgas Covid-19 PMRJ itu.
Badan Penghubung kata Erisman lagi sudah bersinergi dengan Persatuan Masyarakat Riau Jakarta (PMRJ) dalam menangani persoalan-persoalan yang mungkin timbul terkait pandemi wabah virus corona ini, khususnya terhadap warga Riau berdomisili dan saat ini masih berada di Jakarta dan sekitarnya yang memerlukan bantuan.
"Melaksanakan Meeting (membahas dampak wabah virus corona) antara pengurus Persatuan Masyarakat Riau Jakarta (PMRJ) dengan kami selaku Kepala Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Riau via aplikasi Zoom," pungkasnya. (mcr/yud)