LPPL swarakampar.com, Orang Dalam Pantauan (ODP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) COVID-19 dapat merawat dirinya sendiri di rumah. Namun ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan bagi mereka yang melakukan karantina mandiri tersebut.

Dikutip dari laman Instagram nursing_universitasindonesia, merawat diri di rumah dapat dilakukan dengan baik jika memperhatikan beberapa langkah.

Pertama dengan memastikan orang yang sakit untuk mengkonsumsi makan-makanan bergizi, minum banyak air putih dan istirahat yang cukup.

Kemudian sesering mungkin mencuci tangan pakai sabun, terutama saat setelah kontak dengan orang yang sakit dan lingkungannya, saat sebelum dan setelah menyiapkan makanan, sebelum makan, dan setelah dari toilet.

Selanjutnya membersihkan permukaan benda yang sering disentuh orang yang sakit dengan cairan desinfektan setiap hari. Menggunakan masker bedah ketika berada di ruangan yang sama dengan orang yang sakit, jangan sentuh masker dan wajah.

Lalu dengan menggunakan peralatan makan, minum, handuk serta seprai khusus untuk orang yang sakit. Cuci peralatan tersebut dengan sabun dan air mengalir.

Terakhir dengan segera menghubungi pelayanan kesehatan (119/112) jika kondisi orang yang sakit memburuk atau saat mengalami kesulitan bernafas. 

Karantina mandiri dilakukan karena keterbatasan sumber daya. Baik itu terkait ketersediaan ruang rawat, dan tenaga medis. Isolasi mandiri biasanya dilakukan selama 14 hari./RSWK