LPPL swarakampar.com  "BANGKINANG- Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH mengikuti rangkaian kegiatan Musyarawah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2020, untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2021, melalui Video Conference (Vidcon) di ruang kerja Kepala Bappeda Kabupaten Kampar, Kamis (30/4/20). Ikut mendampingi Bupati Kampar, Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir. Azwan, M.Si.
Pelaksanaan Musrenbangnas Tahun 2020 ini memang berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Pelaksanaan Musrenbangnas Tahun 2020 dilakukan secara virtual karena digelar disaat pendemi Covid-19.
Musrenbangnas RKP ini merupakan forum tahunan yang diselenggarakan Kementerian PPN/Bappenas bertujuan untuk menyampaikan informasi arah prioritas pembangunan nasional satu tahun kedepan kepada seluruh pemangku kepentingan.
Musrenbangnas ini dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH dan Kepala Bappeda Kabupaten Kampar, Ir. Azwan, M.Si, fokus dan cermat mengikuti rangkaian kegiatan Musrenbangnas dari awal hingga akhir.
Musrenbang ini diikuti seluruh Kepala Daerah di Indonesia, Gubernur, Bupati/Walikota, Kepala Bappeda Provinsi dan Kepala Bappeda Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.
Pada saat membuka Musrenbangnas ini Presiden RI Joko Widodo menyampaikan bahwa tahun 2021 merupakan tahun pemulihan ekonomi. Oleh sebab itu Presiden meminta kepada semua jajaran untuk bekerja keras dan cepat agar nantinya tahun 2021 Indonesia sudah pulih kembali.
Presiden mengingatkan selain kecepatan mengatasi Corona, pemulihan juga harus menjadi prioritas. Menurutnya, hal itu penting agar ekonomi bisa berjalan dengan normal seperti sedia kala. ”Selain kecepatan mengatasi Covid-19, kita perlu kecepatan untuk pemulihan,” katanya.
Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH usai mengikuti rapat Musrenbangnas melalui Vidcon tersebut kepada pers menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kampar berkomitmen untuk mendukung tema RKP Tahun 2021 yaitu, Mempercepat Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Sosial, dengan fokus pembangunan yaitu Pemulihan Industri, Pariwisata, Investasi, Reformasi Sistem Kesehatan Nasional, Reformasi Sistem Jaring Pengaman Sosial dan Reformasi Sistem Ketahanan Bencana. “Selanjutnya kita berkomitmen mensukseskan agenda pembangunan yang disusun dalam RKP tahun 2021,” jelas Bupati.
Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir. Azwan, M.Si didampingi Sekretaris Bappeda Kampar M. Fadli Mukhtar, S.Pi, MSc dan Kabid LPP Bappeda Kampar Yusdiyen Hadinata, S.Si, M.Si menyampaikan bahwa sesuai arahan Menteri Dalam Negeri perlu dilakukan singkronisasi dan penyesuaian tema dan prioritas daerah pada RKPD Kabupaten/Kota tahun 2021. “Oleh sebab itu kita memformulasikan prioritas dan target pembangunan 2021 dengan melakukan refokusing terhadap pasca pendemi Covid-19 terutama untuk sektor yang terdampak, kesehatan, ekonomi dan sosial,,RSWK