LPPL swarakampar.com  "Pekanbaru,-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kampar Drs Yusri M.Si Hadiri Rapat Pengelolaan Limbah Infeksius (Limbah B3) dan sampah rumah tangga dari penanganan Corona virus disease (Covid-19) yang dipimpin oleh Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Riau, Ervin Rizaldi di ruang rapat Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Riau, Pekanbaru. Rabu, 10/6
Rapat tersebut bertujuan untuk memastikan tindak lanjut dari regulasi baik itu izin dan operasional serta lokasi yang layak dilakukan untuk pengolahan limbah B3 yang merupakan hibah dari Rumah Sakit (RS) Awal Bros.
Dalam rapat tersebut dijelaskan Ervin, alat pengolahan limbah tersebut sudah diserahkan ke Pemerintah Provinsi Riau berjumlah 2 unit, satu untuk Kabupaten Kampar dan satu lagi Kota Pekanbaru, dan untuk Kabupaten Kampar akan didirikan di Sei Pinang Kecamatan Tambang dan langsung dikelola oleh RS Awal Bros.
Sekda Kampar mengatakan usai rapat bahwa untuk regulasi aturan dalam perizin akan berpedoman kepada Surat Edaran (SE) menteri nomor 02 tahun 2020 yang intinya bahwa yang pertama limbah interfeksius yang berasal dari fasilitas kesehatan, kemudian limbah interfeksius yang berasal dari rumah tangga yang terdapat orang dalam pemantauan (ODP) dan sampah rumah tangga dam sejenis sampah rumah tangga serta berlaku sampai dengan status keadaan darurat tentang bencana wilayah penyakit akibat virus Covid-19.
“Limbah ini terkait dengan orang banyak, sebab bagaimana kita bisa melindungi dari Covid-19 jika limbahnya tidak kita tertibkan dan di musnah, baik itu masker maupun alat pelindung diri (APD) yang lainnya yang habis masa pakainya, yang bisa membahayakan orang banyak.”ujar Yusri
Sekda Kampar juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Riau dengan ditunjuknya Kampar dalam menempatkan lokasi pengolahan limbah B3 serta RS Awal Bros selaku pelaksanaan pengolahan lomba tersebut.
Usai acara seluruh pejabat para undangan menandatangani tanda kesepakatan kesimpulan dalam rapat tersebut.
Turut mendampingi Sekda Kampar, Kadis DLH Kabupaten Kampar Aliman Makmur, Kadis Perkim chalisman dan Kadis Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kampar Hambali, Kadis PUPR Kabupaten Kampar Afdal ST MT, dan Kadis Kesehatan Dedi Samhudi SKM, M.Kes.
Hadir pada juga pada rapat tersebut perwakilan dari pengolahan lomba B3 pusat, Asisten II Kota Pekanbaru, kabid serta pihak RS Awal Bros. (Rswk)